Perkembangan Dan Perawatan Kehamilan Berumur 37 Minggu

Anda hamil 37 minggu, bayi bisa lahir kapanpun mulai sekarang sampai kelahiran yang diharapkan. Janin berusia 37 minggu ini hampir lengkap di semua organ dan dianggap sebagai istilah penuh. Namun, bayi masih butuh beberapa waktu untuk siap menjalani kehidupan di luar.

Perubahan tubuh ibu hamil pada 37 minggu kehamilan

Pada minggu ke 37, berat total Anda meningkat sebesar 11-16 kg (tergantung pada kehamilan Anda). Mulai sekarang, Anda hampir tidak akan menambah berat badan lagi.
Payudara Anda bocor keluar dari kolostrum, beberapa labu, meski sudah membuat susu, mungkin tidak bocor keluar. Amniosentesis berkurang secara signifikan dari 37 minggu dan seterusnya.

perkembangan dan perawatan kehamilan berumur 37 minggu


Serviks Anda melebar untuk mempersiapkan persalinan. Saat serviks melebar, kemungkinan masuk bakteri akan meningkat. Namun, tubuh mengeluarkan lebih banyak lendir untuk melindunginya.
Jumlah kontraksi Braxton Hicks akan terus meningkat. Hampir di akhir minggu kehamilan, ibu hamil cenderung membersihkan rumah mereka, sebagai dorongan mendadak untuk mempersiapkan kelahiran bayi.

Perkembangan janin di 37 minggu kehamilan

Panjang bayi Anda sekitar 46-49cm, dengan berat 2,7-3,2 kg. Meski pada akhir minggu ke 37, bayinya dianggap sebagai bulan terbaik, namun bayinya harus tetap berada di rahim sampai kelahiran yang diharapkan.

Antibodi akan terus melewati tali pusar dan masuk ke tubuh bayi. Dengan memesan antibodi, bayi akan melindungi diri mereka dengan lebih baik oleh bakteri, virus di luar. Seorang bayi berusia 37 minggu dapat mendengar, mengingat dan mengenali suaramu. Ketika mereka lahir, mereka akan memalingkan kepala ke arah Anda saat Anda berbicara. 

Jari dan tangan tahu bagaimana berkoordinasi. Saat lahir, bayi bisa pegang wajah, pegang jari kaki atau jemari Anda. Bayi masih akan bergerak meski berada dalam ruang sempit, kebanyakan janin berumur 37 minggu menaruh kepala mereka di tempat yang tepat.
Jika kepala bayi Anda tidak ingin turun, Anda harus mendiskusikan masalah ini dengan dokter Anda untuk memilih solusi yang tepat.

Saran perawatan ibu hamil di minggu 37 kehamilan

·         Pastikan Anda menyelesaikan kelas pengasuhan anak dan neonatal Anda minggu ini.
·         Siapkan tas dengan semua perlengkapan yang Anda butuhkan saat Anda pergi tidur.
·         Bersihkan rumah, siapkan makanan di lemari es dan segala sesuatu untuk menyambut bayi.
·         Anda akan menjalani pemeriksaan kesehatan di rumah sakit termasuk prosedur: ultrasound, tes, pemeriksaan vagina, ...

·         Beberapa wanita menginginkan operasi caesar dini karena berbagai alasan, dari ketidaknyamanan di tubuh, penyakit atau kecelakaan. Konsultasikan dengan dokter dan keluarga Anda sebelum mengambil keputusan.

·         Jika Anda perlu mengkonsumsi suplemen gizi melalui obat oral, Anda harus berkonsultasi dengan dokter tentang memilih obat yang tepat, dosis dan cara menggunakannya.

Bayi berusia 37 minggu ini semakin besar. Mulai sekarang, bayi akan lahir kapan saja, mungkin cepat atau lambat dari perkiraan ulang tahun, ini normal. Siapkan diri Anda dan segala sesuatu yang diperlukan untuk situasi tak terduga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perkembangan Dan Perawatan Kehamilan Berumur 20 Minggu

Berapa  berat bayi berumur 20 minggu? Bagaimana pertumbuhannya? Apa yang harus dimakan bayi agar tetap sehat? Apa saja gejala kehamilan pad...